U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Mahram


Pengertian Mahram – Halo pembaca setia Pintarkan semuanya! Kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran yang belum pernah ada sebelumnya. Mata pelajaran tersebut adalah Agama atau lebih tepatnya adalah Agama Islam. Nah topik pembahasan pada postingan kali ini adalah mengenai pengertian mahram beserta macam macam dan juga contohnya.

Kami harap dengan adanya artikel kami kali ini bisa semakin menambah wawasan kalian semua dan juga bisa meningkatkan keimanan kalian semua sebagai umat Islam. Kami rasa sudah cukup ya basa basinya, yuk langsung kita mulai saja membahas pengertian mahram terlebih dahulu.


Pengertian Mahram Dalam Islam

Mahram ini berasal dari bahasa Arab yang artinya haram untuk dinikahi. Haram untuk dinikahi disini dalam artian karena sebab keturunan, persusuan, dan juga pernikahan sehingga tidak diperbolehkan untuk dinikahi. Selain itu juga, wanita yang masih dalam masa iddah juga termasuk haram untuk dinikahi.


Macam Macam Mahram

Mahram dalam Islam terbagi atas dua macam, yaitu Mahram Muabbad dan juga Mahram Muaqqot. Oleh karena itu yuk simak penjelasan dari macam macam mahram tersebut dibawah ini.

1. Mahram Muabbad

Mahram Muabbad adalah mahram yang tidak boleh dinikahi selamanya atau bisa juga disebut mahram abadi. Nah, Mahram Muabbad juga terbagi lagi menjadi tiga faktor penyebab yaitu Faktor Nasab, Faktor Ikatan Perkawinan, dan juga Faktor Persusuan.

a. Faktor Nasab

Mahram Muabbad yang disebabkan oleh faktor nasab diantaranya adalah Ibu, anak perempuan, bibi dari jalur ayah, bibi dari jalur ibu, anak perempuan dari saudara laki-laki, dan anak perempuan dari saudara perempuan. Bisa dibilang faktor nasab ini adalah yang masih memiliki hubungan darah.

b. Faktor Ikatan Perkawinan

Mahram Muabbad yang disebabkan oleh faktor ikatan perkawinan diantaranya adalah istri dari ayah, ibu mertua, anak tiri, dan juga menantu (termasuk menantu dari yang satu persusuan)

c. Faktor Persusuan

Mahram Muabbad yang disebabkan oleh faktor persusuan diantaranya adalah:

  • Wanita yang menyusui dan ibunya.
  • Anak perempuan dari wanita yang menyusui (saudara persusuan).
  • Saudara perempuan dari wanita yang menyusui (bibi persusuan).
  • Anak perempuan dari anak perempuan dari wanita yang menysusui (anak dari saudara persusuan).
  • Ibu dari suami dari wanita yang menyusui.
  • Saudara perempuan dari suami dari wanita yang menyusui.
  • Anak perempuan dari anak laki-laki dari wanita yang menyusui (anak dari saudara persusuan).
  • Anak perempuan dari suami dari wanita yang menyusui.
  • Istri lain dari suami dari wanita yang menyusui.
Cukup banyak sekali bukan?

2. Mahram Muaqqot

Mahram Muaqqot adalah mahram yang tidak boleh dinikahi hanya pada kondisi tertentu saja dan jika kondisi ini hilang maka akan menjadi halal kembali. Yang termasuk kedalam Mahram Muaqqot ini diantaranya adalah Saudara perempuan istri (ipar) dan juga bibi dari istri.


Contoh Mahram

Seorang laki-laki tidak boleh menikahi saudara perempuan dari istrinya dalam satu waktu, hal ini berdasarkan ijmak para ulama. Akan tetapi, apabila kelak istrinya meninggal atau di talak, maka laki-laki tersebut boleh menikahi saudara perempuan istrinya. Nah sampai sini apakah sudah paham?


Diagram Mahram

Dibawah ini telah kami sediakan gambar diagram mahram agar kalian semua bisa lebih mudah dalam memahami materi ini. Semoga bisa bermanfaat dan mempermuda untuk kalian semua.

Diagram Mahram
Gambar Diagram Mahram


Penutup

Nah itulah dia artikel kami mengenai pengertian mahram beserta macam macam dan juga contohnya. Semoga dengan diterbitkannya artikel ini, kalian semua semakin paham mengenai apa itu mahram dan terhindar untuk melakukan yang salah.

Semoga kalian juga semakin bisa dalam menjaga diri. Baiklah, kami rasa cukup sekian dulu postingan kami kali ini mengenai pengertian mahram. Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk sebarkan kepada keluarga ataupun rekan kalian semua. Terima kasih dan sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...