U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap


Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap – Halo semua pembaca setia Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mata pelajaran Sejarah nih. Jika waktu itu kita pernah membahas mengenai peninggalan kerajaan Hindu - Buddha, nah sekarang kami akan membahas mengenai Kerajaan Islam di Indonesia yang tentu saja secara lengkap.

BACA JUGA: Peninggalan Kerajaan Majapahit Terlengkap: Candi, Prasasti, Kitab


Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap


1. Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera pasai ini adalah kerajaan islam pertama di Indonesia. Kerajaan Samudera Pasai ini terletak di Aceh utara atau tepatnya disekitar Kota Lhokseumawe. Kemunculan kerajaan Samudera Pasai ini didasari oleh adanya dua kerajaan yang sedang mengalami kemunduran.

Kedua kerajaan tersebut adalah Kerajaan Perlak dan juga Kerajaan Pase ( Pasai ). Kerajaan tersebut mengalami kemunduran dan juga ketidak stabilan pemerintahan dikarenakan adanya persaingan antara anggota keluarga. Namun, ada Marah Silu yang merupakan seorang penguasa didaerah Samudera dan juga dibantu rekannya yang bernama Syekh Ismail ini berhasil mempersatukan daerah Samudera dan juga daerah Pasai. Itulah yang menjadikan kerajaan ini diberi nama Samudera Pasai. 


Seorang penguasa lokal di daerah Samudera bernama Marah Silu (Meurah Silu) dibantu oleh Syekh Ismail (seorang syarif dari Mekkah) berhasil mempersatukan daerah Samudera dan Pasai. Kedua daerah tersebut kemudian dijadikan sebuah kerajaan dengan nama Samudera Pasai. Itulah dia sejarah singkat dari kerajaan Samudera Pasai yang merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia atau kerajaan Islam tertua di Indonesia.

Sebenarnya banyak sekali perbedaan pendapat mengenai kerajaan apa yang menjadi kerajaan islam pertama di Indonesia. Ada yang berpendapat bahwa kerajaan perlak adalah yang pertama, namun dibuku buku pelajaran sekolah lebih sering disebutkan bahwa kerajaan Samudera Pasai adalah yang pertama.

Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai

  • Hikayat Raja Pasai
  • Dirham Pasai
  • Makam Sultan Malik As-Saleh

2. Kerajaan Aceh

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Aceh

Kerajaan islam di Indonesia yang selanjutnya adalah Kerajaan Aceh. Kerajaan islam di sumatera ini berdiri pada tahun 1514. Kerajaan Aceh ini bisa berdiri karena banyaknya pedagang Islam yang berasal dari Malaka pindah ke Aceh. Selain itu juga, kapal kapal dari Asia bagian selatan tak lagi singgah di Malaka karena tingginya bea pajak dan juga cukai.

Raja pertama dari kerajaan Aceh adalah Raja Ibrahim yang memiliki gelar Sultan Ali Mughayat Syah. Kerajaan Aceh ini termasuk dalam kerajaan islam yang perkembangannya sangatlah pesat. Keadaan ekonomi kerajaan aceh ini sangat bagus karena kekayaan alamnya dan juga penghasil lada yang cukup besar.

Peninggalan Kerajaan Aceh

  • Benteng Indrapatra
  • Lukisan raja Sultan Iskandar Muda
  • Dirham Aceh
  • Masjid Baiturrahman
  • Makam Sultan Iskandar Muda

3. Kerajaan Malaka

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Malaka

Kalian pasti akan sangat kebingungan mengapa Kerajaan Malaka bisa termasuk kedalam daftar kerajaan Islam di Indonesia. Mengapa seperti itu? Karena Kerajaan Malaka ini terletak diwilayah Malaysia. Namun tetap saja Kerajaan Malaka ini memiliki peranan yang sangat besar sekali terhadap perkembangan Agama Islam di Indonesia.

Perlu kalian ketahui bahwa terdapat banyak sekali kesamaan diantara masyarakat Sumatera dengan masyarakat Malaysia sehingga sangatlah tidak heran apabila akan banyak sekali terdapat kesamaan dalam sejarah dan juga budaya.

Peninggalan Kerajaan Malaka

  • Masjid Agung Deli.
  • Masjid Johor Baru.
  • Masjid Raya Baitulrahman Aceh.
  • Benteng A famosa.
  • Mata uang, yg merupakan peninggalan dari akhir abad ke-15.

4. Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Mataram Islam terletak di Bagian tenggara Yogyakarta atau lebih tepatnya di Kotagede. Kerajaan Maram Islam ini berdiri pada tahun 1586 dan didirikan oleh saudara Pangeran Benowo yang bernama Sutowijoyo.

Setelah Sutowijoyo meninggal pada tahun 1601, kerajaan Mataram Islam ini dipimpin oleh Mas Jolang. Bagi kalian yang belum tau, kerajaan Mataram Islam ini pernah berperah melawan VOC Batavia dan juga berjasa dalam menyatukan tanah jawa. 

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

  • Pertapaan Kembang Lampir.
  • Gerbang Makam Kotagede.
  • Masjid Makam Kotagede.
  • Rumah Kalang.
  • Bangsal Duda.
  • Tahun saka.
  • Pakaian Kyai Gundhil.
  • Kerajinan Perak.
  • Kue Kipo.

5. Kerajaan Demak

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Demak

Kerajaan Islam di Indonesia yang selanjutnya adalah Kerajaan Demak. Perlu kalian ketahui bahwa Kerajaan Demak ini adalah kerajaan Islam pertama di Jawa. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1478. Raja pertama dari kerajaan Demak adalah Raden Patah.

Sebagai informasi tambahan, setekah Raden Patah diangkat menjadi raja dari Kerajaan Demak beliau mendapatkan gelar Senopati Jimbun Ngabdurrahman Panembahan Palembang Sayyidina Panatagama. Lalu pada tahun 1207, Raden Patah digantikan oleh putranya sendiri yang bernama Pati Unus. Sebenarnya kami sudah pernah membahas peninggalan kerajaan demak secara lengkap, bagi yang belum baca kalian bisa langsung baca saja artikel dibawah ini.

BACA JUGA: Peninggalan Kerajaan Demak Terlengkap

6. Kerajaan Islam Cirebon 

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Islam Cirebon

Kerajaan Islam Cirebon didirikan oleh Sunan Gunung Jati pada tahun 1522. Kerajaan Islam Cirebon juga termasuk kedalam Kerajaan Islam pertama di Jawa Barat. Kalian semua pasti sudah tau kan kalau Sunan Gunung Jati ini adalah Wali Songo, sehingga beliau sangatlah dihormati oleh raja raja lain seperti raja dari kerajaan Demak contohnya. 

Selain itu juga Kerajaan Islam Cirebon juga sangat terkenal dengan banyaknya wilayah kekuasaan yang mereka miliki. Tentu saja itu semua tak luput dari jasa Sunan Gunung Jati. Setelah Sunan Gunung Jati meninggal pada tahun 1570, beliau digantikan oleh cicitnya yang memiliki gelar Panembahan Ratu.

Peninggalan Kerajaan Islam Cirebon

  • Kesultanan Kasepuhan.
  • Keraton Kanoman.
  • Masjid Jami Pakuncen.
  • Masjid agung Sang Cipta Rasa.
  • Taman air Gua Sunyaragi.

7. Kerajaan Islam Banjar

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Islam Banjar

Kerajaan Islam Banjar adalah kerajaan Islam di Kalimantan yang berdiri pada tahun 1520. Ada cerita yang sangat unik sekali tentang kerajaan ini. Jadi pada saat itu Kerajaan Banjar berhasil meruntuhkan kerajaan Nagaradaha berkat bantuan dari Kerajaan Demak. Namun menariknya, Kerajaan Demak memberikan syarat khusus kepada Kerajaan Banjar apabila ingin dibantu. Syarat tersebut adalah Kerajaan Banjar harus memeluk Agama Islam.

Itulah yang menjadikan Kerajaan Islam Banjar menjadi termasuk kedalam kerajaan Islam di Indonesia. Kerajaan Islam Banjar ini dipimpin oleh Raden Samudra. Semenjak beliau memeluk Agama Islam, beliau mendapatkan gelar Sultan Suryanullah. 

Peninggalan Kerajaan Islam Banjar

  • Candi Agung Amuntai.
  • Masjid Sultan Suriansyah.

8. Kerajaan Islam Banten

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Islam Banten

Kerajaan Islam Banten ini terletak di Banten, Jawa Barat dan juga berdiri pada tahun 1552. Kerajaan Islam Banten didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin, yang dimana beliau ini adalah putra dari Sunan Gunung Jati.

Kerajaan Islam Banten ini juga dikenal dengan daerah kekuasaannya yang cukup luas, bahkan sampai ke Sumatera. Sebagai informasi tambahan untuk kalian semua, Sultan Maulana Hasanuddin ini menikah dengan putri dari Sultan Indrapura, yang berarti dia adalah putri kerajaan Demak.

Peninggalan Kerajaan Islam Banten

  • Masjid Agung Banten.
  • Benteng Speelwijk.
  • Meriam Ki Amuk.
  • Gerbang Kesultanan Banten.

9. Kerajaan Pajang

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Pajang

Kerajaan Islam di Indonesia yang selanjutnya adalah Kerajaan Pajang. Kerajaan Pajang ini terletak di Jawa Tengah dan juga didirikan oleh Sultan Adi Wijaya atau yang lebih sering disebut dengan sebutan Jaka Tingkir. Kerajaan Pajang ini bisa juga disebut dengan lanjutan dari Kerajaan Demak.

Karena setelah kerajaan Demak runtuh, semua daerah kekuasaannya langsung memisahkan diri dan membuat kerajaan masing masing. Salah satunya adalah Kerajaan Pajang ini. Setelah Jaka Tingkir meninggal, kerajaan Pajang dipimpin oleh putranya yang bernama Pangeran Benowo.

Peninggalan Kerajaan Pajang

  • Makam Para Bangsawan.
  • Bandar Kabanaran.
  • Masjid Laweyan.
  • Pasar Laweyan.

10. Kerajaan Perlak

Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap
Gambar Kerajaan Perlak

Seperti yang kami bilang pada awal artikel ini, sebagian orang berpendapat bahwa Kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan Islam nusantara yang pertama. Lalu banyak juga yang berpendapat bahwa Kerajaan Perlak adalah kerajaan Islam nusantara yang pertama, karena lebih dahulu berdiri.

Kerajaan Perlak diperkirakan berdiri pada pertengahan abad ke 9 M. Kerajaan Perlak juga dipimpin oleh Sultan Alauddin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah. Kerajaan Perlak menguasai Aceh bagian timur. Kerajaan Perlak berdiri hingga tahun 1292 dan akhirnya bergabung menjadi kerajaan Samudera Pasai. Mungkin karena itulah banyak yang berpendapat bahwa kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan Islam pertama di Indonesia.

Peninggalan Kerajaan Perlak

  • Stempel Kerajaan.
  • Makam Raja Benoa.
  • Mata Uang Perlak.


Penutup

Akhirnya kita sudah sampai pada akhir dari artikel kita kali ini yaitu tentang kerajaan Islam di Indonesia lengkap. Jadi, setelah membaca artikel diatas kalian pasti sudah semakin paham dan juga semakin menambah pengetahuan kalian mengenai kerajaan Islam nusantara kan?

Oleh karena itu, kami sangat berharap agar kalian semua bisa membagikan artikel kami kepada teman ataupun keluarga kalian. Karena berbagi ilmu itu tidak ada salahnya dan juga salah satu perbuatan yang mulia. Teruslah semangat dalam menuntut ilmu, sampai jumpa pada postingan kami yang selanjutnya!
Loading...