U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Macam Macam Bakteri yang Menguntungkan Manusia

Macam Macam Bakteri yang Menguntungkan Manusia – Halo semuanya, kali ini Pintarkan akan membahas tentang mata pelajaran Biologi lagi nih. Setelah pernah membahas mengenai perbedaan virus dan bakteri, kali ini kami akan membahas mengenai apa saja sih bakteri yang menguntukan manusia.

Nah, tentunya macam macam bakteri yang menguntungkan manusia ini jumlahnya cukup banyak. Namun tenang saja kawan, karena kami akan tetap menjelaskannnya dengan jelas dan juga terperinci kepada kalian semua pembaca setia Pintarkan. Jadi cukup sekian saja ya basa basinya hehe, yuk kita mulai saja penjelasannya sekarang.


Pengertian Bakteri

Seperti biasa, pertama-tama kami akan menjelaskan mengenai pengertian bakteri. Sebenarnya kami sudah pernah menjelaskan pengertian bakteri pada artikel dibawah ini. Namun tidak apa apa, akan kami jelaskan sekali lagi agar semakin jelas.

BACA JUGA: Perbedaan Virus dan Bakteri: Pengertian dan Ciri Ciri

Apa itu Bakteri? Jadi, pengertian Bakteri adalah organisme yang termasuk ke dalam domain prokariota dan juga berukuran sangat kecil (mikroskopik) dan Bakteri juga memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupan di bumi. Namun perlu kalian ketahui, tidak semua bakteri itu merugikan karena ada juga bakteri yang menguntungkan manusia.

Jadi itulah pengertian bakteri secara singkatnya. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa baca artikel diatas.


Macam Macam Bakteri yang Menguntungkan Manusia


1. Lactobacillus casei

Macam Macam Bakteri yang Menguntungkan Manusia
Gambar Lactobacillus casei

Kami sangat yakin sekali, pasti kalian semua para pembaca setia Pintarkan mengetahui Yoghurt kan? Atau bahkan kalian sangat menyukainya. Nah, tahukah kalian kalau bakteri Lactobacillus casei ini adalah bakteri yang berperan dalam produksi Yoghurt lho. 

Yang dimana, seperti yang kita ketahui bahwa bakteri Lactobacillus casei ini terdapat dalam produk "Yak*lt” kalian pasti sudah tidak asing kan dengan produk tersebut? Nah, produk tersebut terbukti ampuh untuk mengurangi terjadinya diare akut pada anak kecil dan perbedaannya pun cukup signifikan secara statistik. Jadi itulah yang menjadikan Lactobacillus casei termasuk kedalam macam macam bakteri yang menguntungkan manusia.

2. Lactobacillus acidophilus

Macam Macam Bakteri yang Menguntungkan Manusia
Gambar Lactobacillus acidophilus

Bakteri yang termasuk kedalam macam macam bakteri yang menguntungkan manusia yang selanjutnya adalah Lactobacillus acidophilus. Lactobacillus acidophilus adalah bakteri baik yang sangat ramah sekali bagi manusia. Bakteri ini seringkali kita jumpai didalam produk susu. Pasti kalian semua tidak menyadarinya kan?

Bakteri ini sangat bermanfaat sekali untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam saluran cerna, sehingga dapat menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya yang menyebabkan timbulnya penyakit diare.

3. Escherichia coli (E. coli)

Macam Macam Bakteri yang Menguntungkan Manusia
Gambar Escherichia coli

Bakteri Escherichia coli adalah bakteri yang umumnya terdapat dalam usus besar manusia. Bakteri Escherichia coli atau yang lebih sering disingkat E. coli ini termasuk kedalam macam macam bakteri yang menguntungkan manusia, namun jika kelebihan maka bisa menjadi merugikan.

Mengapa bakteri E. coli ini menguntungkan manusia? Karena bakteri E. coli bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat, dan bakteri E. coli juga sangat membantu dalam proses pencernaan terutama dalam pembusukan sisa-sisa makanan yang terjadi didalam usus besar.

4. Rhizobium leguminosarum

Macam Macam Bakteri yang Menguntungkan Manusia
Gambar Rhizobium leguminosarum

Bakteri Rhizobium leguminosarum adalah bakteri yang memiliki peranan yang sangat penting dalam daur Nitrogen dialam. Sehingga bakteri Rhizobium leguminosarum bermanfaat untuk menyuburkan lahan pertanian.

Beberapa petani juga beranggapan bahwa bakteri Rhizobium leguminosarum adalah bakteri perintis, karena aktivitas mekanis dan juga kimiawinya dapat membuat gembur lahan pertanian mereka menjadi lebih mudah untuk diolah. Itulah yang menjadikan bakteri Rhizobium leguminosarum ini layak untuk termasuk kedalam macam macam bakteri yang menguntungkan manusia khususnya para petani.

5. Acetobacter xylinum

Macam Macam Bakteri yang Menguntungkan Manusia
Gambar Acetobacter xylinum

Acetobacter xylinum adalah jenis bakteri yang sangat bermanfaat sekali terutama dalam industri pangan. Siapa sih yang tidak tau "Nata de Coco" ? Nah bakteri Acetobacter xylinum ini adalah bakteri yang terlibat dalam proses pembuatan Nata de Coco yang sangat enak itu loh.

Bakteri Acetobacter xylinum ini mampu memfermentasi bahan dan menghasilkan bahan selulosa. Bakteri ini merupakan jenis bakteri asam yang mudah pertumbuhannya dan juga mudah dalam pengembangbiakannya. Jadi Acetobacter xylinum ini termasuk kedalam macam macam bakteri yang menguntungkan manusia.

6. Streptomyces

Macam Macam Bakteri yang Menguntungkan Manusia
Gambar Streptomyces

Macam macam bakteri yang menguntungkan manusia yang selanjutnya adalah Streptomyces. Streptomyces adalah bakteri gram positif yang menghasilkan spora yang biasanya berhabitat di tanah dan berfungsi sebagai pengurai sisa-sisa makhluk hidup. Namun tahukah kalian? Bakteri Streptomyces ini berperan penting dalam dunia kesehatan karena seringkali digunakan untuk pembuatan antibiotik.


Penutup

Itulah dia artikel kami mengenai macam macam bakteri yang menguntungkan manusia. Semoga dengan adanya artikel kami ini, kalian tidak lagi beranggapan bahwa semua bakteri itu merugikan, karena ada juga yang menguntungkan manusia.

Dan semoga juga dengan adanya artikel macam macam bakteri yang menguntungkan manusia ini bisa membantu kalian dalam mendalami mata pelajaran biologi dan juga membantu dalam proses pengerjaan tugas sekolah kalian. Baiklah sekian dulu artikel kali ini, sampai jumpa diartikel yang selanjutnya!
Loading...