U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Materi Teks Eksposisi

Materi Teks Eksposisi Halo pembaca setia Pintarkan, kali ini kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran Bahasa Indonesia nih, Yang kali ini akan kami bahas adalah Materi Teks Ekposisi yang mencakup pengertian, struktur, dan juga ciri cirinya.

Kami akan membahas materi teks Eksposisi ini sejelas mungkin dan selengkap mungkin agar kalian semua semakin mudah memahaminya. Dan kami berharap agar materi Teks Eksposisi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Baiklah, langsung saja kita bahas materinya dimulai dari pengertian teks Eksposisi.


Pengertian Teks Eksposisi

Nah sekarang kami akan membahas materi teks eksposisi yang pertama yaitu pengertiannya. Apa itu teks eksposisi? Teks eksposisi adalah teks yang berisi paragraf yang didalamnya terkandung sejumlah Pengetahuan dan juga informasi yang disajikan secara singkat, padat, dan juga jelas. Paragraf  dalam teks eksposisi ini bersifat real, nyata dan Ilmiah atau dapat dikatakan sebagai teks non fiksi.

Nah setelah membaca pengertian teks eksposisi diatas pasti sekarang kalian sudah mulai paham kan? Apabila sudah paham kita lanjut membahas struktur teks eksposisi.


Struktur Teks Eksposisi

Setelah membahas pengertian teks eksposisi, sekarang kami akan membahas materi teks eksposisi yang selanjutnya yaitu Struktur teks eksposisi. Teks Eksposisi terdiri dari:

Orientasi: Struktur teks eksposisi yang pertama adalah pembukaan atau sering disebut dengan orientasi. Pada bagian ini kita akan melihat pandangan awal yang ditulis oleh penulis tentang sebuah permasalahan dengan rangkaian yang sangat relevan.

Tesis ( Pernyataan Pendapat atau Isi ): Tesis merupakan isi atau inti dari teks eksposisi yang berisi tentang kumpulan pendapat orang lain yang dianggap lebih ahli terkait permasalahan dan pokok bahasan yang sedang dibahas. Untuk bisa mengetahui dimana letak tesis pada suatu teks, kita dapat memperhatikan pemilihan katanya saja. Salah satunya adalah " Berdasarkan penuturan... ", " Menurut pendapat..." dan yang lainnya. Ya, itu hanya sebagai contoh saja.

Argumentasi: Argumentasi adalah struktur teks eksposisi yang memuat tentang bukti bukti relevan yang mendukung tesis atau isi dari teks eksposisi ini. Biasanya argumentasi akan mengandung fakta fakta relevan yang berkaitan dan juga mendukung dengan pokok bahasan seperti tanggal, latar, narasumber, dan penggunaan angka angka yang umumnya bersifat konkrit dan terbukti dengan jelas.

Penegasan ulang: Penegasan ulang memuat kesimpulan dari suatu teks tersebut. Biasanya penegasan ulang ini dijelaskan secara singkat, padat, jelas dan mengandung semua yang sudah dibahas dalam teks tersebut.

Nah itulah dia struktur teks eksposisi. Semoga kalian bisa semakin paham dan tidak kebingungan lagi ya. Sekarang kita lanjut ke materi teks eksposisi yang selanjutnya yaitu Ciri ciri teks eksposisi.


Ciri Ciri Teks Eksposisi

Materi teks eksposisi yang selanjutnya adalah ciri ciri teks eksposisi. Nah berikut ini adalah ciri ciri teks eksposisi:

  • Menjelaskan informasi atau pengetahuan tentang suatu hal
  • Gaya informasi yang bersifat mengajak 
  • Penyampaian menggunakan bahasa baku dan disampaikan secara lugas 
  • Bersifat netral atau tidak memihak 
  • Fakta dipakai sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi 
  • Berusaha menjelaskan sesuatu
  • Singkat, Padat, Jelas, dan Akurat
Itulah dia ciri ciri teks eksposisi. Setelah membaca semua materi teks eksposisi diatas pastinya sekarang kalian sudah semakin paham ya.


Penutup

Tidak terasa pembahasan kita mengenai materi teks eksposisi yang terdiri dari pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, dan juga ciri ciri teks eksposisi sudah selesai. Sebenarnya masih ada yang perlu kami bahas, namun kami akan melanjutkannya diartikel selanjutnya saja.

Semoga dengan adanya materi teks eksposisi ini kalian bisa semakin pintar, semakin paham, dan juga semakin menguasai inti dari materi ini. Nah, apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share kepada teman teman ataupun keluarga kalian. Tetaplah jadi orang yang rajin dan berbakti pada orang tua ya!
Loading...