U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Tips CPNS 2018

Tips CPNS 2018 Seperti yang kita ketahui pelaksanaan tes CPNS 2018 tinggal sebentar lagi. Oleh karena itu melalui artikel ini kami berniat untuk mengupas tuntas rahasia lulus CPNS 2018. Kami akan menjelaskan kepada kalian dengan sejelas mungkin agar kalian mudah paham.

Seperti mengerjakan soal soal ujian pada umumnya, kita diharuskan untuk mengisi soal yang mudah terlebih dahulu. Mengapa seperti itu? Karena waktu terus berjalan dan kita tidak mungkin untuk bergulat di soal yang sulit terus menerus, karena waktu akan terbuang sia sia.

Jadi alangkah lebih baiknya apabila kita mengerjakan soal yang dirasa mudah terlebih dahulu. Nah bagi kalian yang belum tau soal apa yang termudah di CPNS 2018, kami akan menjelaskannya melalui artikel ini secara lengkap agar kalian semua paham. Baiklah tanpa basa basi lagi ini dia tips mengerjakan soal CPNS 2018.

Cara Menjawab Soal CPNS Dengan Cepat dan Benar


1. Kerjakan Soal Tes Karakteristik Pribadi ( TKP )Terlebih Dahulu

Nah, jadi tips pertama dari kami adalah kerjakan soal Test Karakteristik Pribadi ( TKP ) terlebih dahulu. Tentu saja kami menganjurkan ini bukanlah tanpa alasan. Lantas mengapa harus seperti itu? Karena waktu yang diberikan sangatlah terbatas, yaitu hanya 90 menit saja untuk menjawab 100 butir soal.

Dan selain itu juga, Soal Tes Karakteristik Pribadi ( TKP ) ini adalah bagian soal yang paling mudah. Karena kita bisa berfikir dan juga hanya mengira saja mengenai jawaban apa yang tepat untuk soal tersebut.

Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi

Nah meskipun Tes Karakteristik Pribadi ini merupakan soal yang termudah di CPNS 2018 ini. Namun tetap saja Tes Karakteristik Pribadi ini memiliki Passing Grade untuk menentukan kelulusan. Nah jadi bagi kalian yang belum tau, Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi adalah 143.

Perlu kalian ketahui juga bahwa setiap butir soal dari Tes Karakteristik Pribadi ini memiliki nilai tersendiri. Dari setiap jawaban yang anda pilih bisa bernilai minimal 1 sampai dengan maksimal 5. Dan itu tergantung dari bobot jawaban pilihan kalian.

Jadi tips menjawab soal Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2018 ini, kalian tidak boleh terlalu lama membaca soal. Karena hanya dengan membaca sekilas saja, kalian pasti sudah bisa menebak apa itu jawabannya.

Jadi jangan habiskan waktu kalian yang sangat berharga itu dibagian tes ini karena nantinya waktu yang tersisa akan berguna untuk bagian selanjutnya. Jadi mulai sekarang cobalah berlatih untuk membaca cepat agar terbiasa.

Soal Tes Karakteristik Pribadi Dimulai Dari Nomor 66

Nah perlu diingat, bahwa Soal Tes Karakteristik Pribadi ini biasanya dimulai dari Nomor 66 sampai Nomor 100. Jadi apabila ujian sudah dimulai kalian harus sudah gerak cepat untuk loncat ke soal Nomor 66 untuk mengerjakan soal bagian Tes Karakteristik Pribadi terlebih dahulu. Manfaatkan waktu kalian sebaik mungkin!


2. Lanjut ke Soal Tes Wawasan Kebangsaan ( TWK )

Apabila kalian merasa sudah menyelesaikan semua soal bagian Tes Karakteristik Pribadi, saran kami kalian langsung lanjut ke Soal Tes Wawasan Kebangsaan ( TWK ) CPNS 2018. Bagian Soal Tes Wawasan Kebangsaan ini dimulai dari Nomor 1.

Jumlah Soal dibagian Tes Wawasan Kebangsaan ini adalah sebanyak 35 butir. Nilai yang didapatkan apabila menjawab satu soal dengan benar adalah +5. Namun apabila kalian salah, nilainya tidak akan berkurang.

Jadi kami sarankan jangan ada soal yang dikosongkan pada bagian ini, apabila kalian benar benar merasa kesulitan untuk menjawabnya cukup gunakan saja naluri kalian. Siapa tau saja benar, kan lumayan bisa menambah nilai. Dan usahakan juga agar kalian bisa menjawab 16 soal dibagian ini dengan benar.

Passing Grade Tes Wawasan Kebangsaan

Seperti yang kami katakan diatas, kalian setidaknya harus menjawab 16 Soal dengan benar di bagian Tes Wawasan Kebangsaan ini. Mengapa seperti itu? Karena Passing Grade dari Tes Wawasan Kebangsaan ini adalah 75. Jadi apabila kalian berhasil menjawab 16 Soal dengan benar maka kalian telah mengantongi nilai sebesar 80, yang artinya sudah lebih 5 poin.

Apabila kalian sudah yakin jika kalian sudah menjawab 16 soal dengan benar, maka kami sarankan kalian untuk menunda dulu soal yang lainnya dan loncat ke bagian soal selanjutnya yaitu Tes Intelegensi Umum.


3. Lanjut ke Soal Tes Intelegensi Umum ( TIU )

Nah pada trik untuk mengerjakan soal TIU ini, kita harus mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Salah satu soal yang kami rasa paling mudah dibagian ini adalah Bahasa Indonesia yang mengenai sinonim, antonim, dan juga analogi atau padanan kata.

Mengapa seperti itu? Karena soal ini sangatlah mudah sekali dan juga tidak akan menguras waktu untuk mengerjakannya. Nah apabila kalian sudah menyelesaikannya, kalian langsung cari soal cerita yang jumlah paragrafnya tidak terlalu panjang.

Apabila sudah, kalian langsung ke soal matematika yang bagian numerik yang bisa dibilang lebih mudah dibandingkan soal deret aritmatika yang prosesnya cukup rumit dan memakan banyak waktu.


Passing Grade Tes Intelegensi Umum

Dibagian Tes Intelegensi Umum ini kalian harus menjawab 16 Soal dengan benar. Karena Passing Grade Tes Intelegensi Umum ini adalah minimal 80. Jadi pastikan diri kalian untuk bisa menjawab 16 soal dengan benar.

Nah apabila kalian sudah selesai dan masih memiliki waktu yang tersisa. Kalian bisa gunakan waktu tersebut untuk mengisi jawaban yang kosong barusan. Kalau bisa sih diisi semua, misalnya udah stuck lebih baik kalian isi asal saja jangan dikosongkan. Kan lumayan tuh misalnya benar hehe.


Penutup

Nah itulah dia Tips CPNS 2018 atau Cara Menjawab Soal CPNS Dengan Cepat dan Benar. Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa terbantu dalam mengerjakan soal CPNS 2018 ini. Semoga kalian semua yang membaca tips dari kami, bisa lulus CPNS 2018. Aamiin..

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kondisi kalian agar tetap fit. Jika bisa, H-3 sebelum test CPNS 2018 dimulai kalian sudah berhenti belajar dan juga perbanyak istirahat. Agar ketika pelaksanaan test dimulai kondisi kalian nanti tetap prima dan bisa mengerjakan soal dengan konsentrasi.

Dan jangan lupa juga untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bisa mengerjakan soal dengan lancar dan tanpa halangan. Baiklah, sekian dulu artikel dari kami. Sukses selalu untuk kita semua!
Loading...