U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Syarat Pendaftaran CPNS 2018

Syarat Pendaftaran CPNS 2019 – Bagi kalian yang ingin mengikuti Tes CPNS 2019 tentu saja kalian harus sudah bersiap dari sekarang. Mengapa seperti itu? Karena pelaksanaan Tes CPNS 2019 sudah semakin dekat. Untuk pendaftaran Tes CPNS 2019 sudah dibuka sejak bulan Maret.

Nah oleh karena itu melalui artikel kali ini, kami akan menjelaskan kepada kalian mengenai syarat pendaftaran CPNS 2019. Tentu saja ada banyak sekali persyaratan dan juga beberapa dokumen yang harus kalian persiapkan.

Baiklah tanpa banyak basa basi lagi inilah dia syarat pendaftaran CPNS 2019.

Alur Pendaftaran CPNS 2019

Berikut ini adalah alur pendaftaran CPNS 2019 atau cara pendaftaran CPNS 2019 online.
  1. Kalian bisa melakukan pendaftaran yang dilakukan pada portal masing-masing kementrian/CPNS daerah.
  2. Selanjutnya kalian wajib mengisi formulir yang sudah ditandatangani.
  3. Setelah kalian sukses mendaftar, kalian akan mendapatkan nomor bukti transaksi.
  4. Unggah beberapa dokumen yang diminta beserta dengan pas foto.
  5. Jangan lupa juga untuk kirimkan berkas formulir pendaftaran.

Dokumen atau Berkas yang Harus Dipersiapkan Untuk CPNS 2019

Berikut ini adalah beberapa dokumen ataupun berkas yang harus kalian persiapkan untuk mengikuti CPNS 2019. Pastikan untuk membaca dengan benar hingga selesai agar kalian dapat mengikuti CPNS 2019 tanpa ada kekurangan.

Persyaratan CPNS 2019 Untuk S1 ( Tenaga Profesional )

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang Sudah di Legalisir.
  3. Surat Keterangan Akreditas dari BAN Perguruan Tinggi.
  4. Pas Foto Terbaru Ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar dengan background berwarna merah.

Persyaratan CPNS 2019 Untuk Lulusan SMA atau D3

  1. Materai Rp. 6.000
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Ijazah/STTB
  4. Fotokopi Ijazah SD, SLTP, dan SLTA

Persyaratan Umum Pendaftar CPNS 2019

Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum yang harus kalian patuhi untuk mengikuti CPNS 2019. Kami harapkan bagi kalian calon pendaftar untuk membacanya dengan seksama agar tidak ada kesalahan.

  • Syarat wajib penting dan yang harus dipenuhi oleh para pelamar CPNS 2019 adalah pelamar harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, setia dan taat kepada pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Selain itu, pelamar juga merupakan WNI yang sehat jasmani serta rohaninya.
  • Berkelakuan Baik dan Terpuji
  • Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 harus merupakan orang yang memiliki perilaku baik dan tidak pernah dihukum atau dipenjara berdasarkan keputusan dari pengedilan sebagai kuasa hukum tertinggi.
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat oleh instansi sebgaia PNS/Anggota TNI atau Polri atau tidak diberhentikan dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Pelamar tidak sedang menyandang gelar sebagai CPNS atau PNS atau Calon Anggota TNI atau Polri serta tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.

Persyaratan Khusus Pendaftar CPNS 2019

Berikut ini adalah beberapa persyaratan khusus yang harus kalian patuhi untuk mengikuti CPNS 2019. Kami harapkan bagi kalian calon pendaftar untuk membacanya dengan seksama agar tidak ada kesalahan.

  • Warga Negara Indonesia
  • Pelamar memiliki ijazah Magister/master S2, Sarjana S1 dan Diploma D3 sesuai dengan formasi jabatan yang dipilih dan dibutuhkan oleh pelamar.
  • Calon pelamar merupakan lulusan dari perguruan tinggi negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sudah memiliki akreditasi oleh BAN PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang sudah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud).
  • Syarat IPK bagi pelamar adalah 3.00 untuk pelamar lulusan S2 dan 2,65 untuk pelamar lulusan S1
  • Berusia minaml 18 tahun, untuk pelamar s1 maksimal umur 30 tahun sedangkan untuk pelamar lulusan S2 umur maksimal 32 tahun
  • Nilai TOEFL minimal yang harus dimiliki oleh pelamar adalah sebesar 400 untuk lulusan S1 dan Nilai TOEFL 500 untuk S2.

Kuota Penerimaan CPNS 2019

Seperti yang disampaikan oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Setiawan Wangsaatmaja beliau berkata bahwa dipastikan kuota penerimaan CPNS 2019 tidak akan lebih dari 250 ribu posisi. Dan juga sebanyak 38 ribu akan dibuka untuk pemerintah pusat dan sisanya untuk pemerintah daerah.


Gaji PNS 2019

Kabarnya untuk tahun 2019 ini, rasion gaji pokok PNS 2019 akan naik menjadi 1:11,9 sehingga gaji pokok tertinggi PNS 2019 bisa melonjak hingga Rp 14,3 juta. Besar sekali bukan?


Penutup


Baiklah, mungkin sekian dulu informasi mengenai syarat pendaftaran CPNS 2019 yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua calon Pendaftar. Semoga dengan adanya artikel ini kalian semua bisa terbantu dan juga tidak kebingungan lagi.

Jangan lupa juga untuk bagikan artikel ini kepada rekan kalian semua yang membutuhkan, karena sesungguhnya berbagi itu sangatlah indah. Terima kasih, dan tunggu terus artikel terbaru dari kami selanjutnya.
Loading...