U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Struktur DNA dan RNA

Struktur DNA dan RNA – Halo sahabat Pintarkan, pada kesempatan kali ini kami masih akan membahas mengenai pelajaran Biologi. Materi yang kami bahas tentu saja masih berkaitan dengan materi sintesis protein, yaitu mengenai struktur dari DNA dan juga RNA.

Nah kami sangat yakin sekali, pasti diantara kalian ada yang masih bingung mengenai struktur DNA dan RNA ini. Nah itulah yang membuat kami tertarik untuk membahas materi kali ini. Baiklah tanpa banyak basa basi lagi, yuk kita mulai saja materinya.

Sebelum kita mulai membahas mengenai Struktur DNA dan RNA, alangkah baiknya kita bahas dulu mulai dari pengertian DNA dan juga pengertian RNA. Bagi kalian yang masih belum tau mengenai proses sintesis protein dan juga pengertian sintesis protein kalian bisa baca terlebih dahulu artikel dibawah ini agar tidak kebingungan.

BACA JUGA: Pengertian Sintesis Protein dan Proses Sintesis Protein


Pengertian DNA

Struktur DNA dan RNA
Gambar DNA

Apa itu DNA? DNA adalah singkatan dari Deoxyribonucleic Acid atau dalam bahasa Indonesianya adalah Asam Deoksiribonukleat. Nah, Asam Deoksiribonukleat ini merupakan asam nukelat yang didalamnya terdapat sel makhluk hidup.

Jadi dapat disimpulkan bahwa DNA adalah sejenik biomolekul yang menyimpan dan menyandikan intruksi genetika setiap organisme. DNA ini menyimpan banyak sekali informasi yang nantinya akan diturunkan kepada keturunan berikutnya. Informasi dalam DNA akan diterjemahkan menjadi protein tertentu yang nantinya akan menentukan sifat dari makhluk hidup tersebut.

Nah bagaimana, apakah kalian sudah paham mengenai pengertian DNA? Apabila sudah mari kita lanjut ke pengertian RNA.


Pengertian RNA

Struktur DNA dan RNA
Gambar RNA

Apa itu RNA? RNA adalah singkatan dari Ribonucleic acid atau dalam bahasa Indonesianya Asam Ribonukleat. Nah, Asam Ribonukleat ini adalah molekul polimer yang terlibat dalam berbagai peran biologis dalam mengkode, dekode, regulasi, dan ekspresi gen.

RNA ini adalah hasil transkipsi dari fragmen DNA sehingga RNA berupa polimer yang lebih pendek daripada DNA. Umumnya, RNA ditemukan di inti sel, namun RNA biasanya paling banyak terdapat dalam sitoplasma, terutama pada ribosom. Nah gimana, sudah paham kan mengenai pengertian RNA?


Struktur DNA dan RNA

Setelah mengetahui pengertian DNA dan juga pengertian RNA, sekarang kita mulai ke inti pembahasan dari materi ini yaitu Struktur DNA dan RNA.

Struktur DNA

Struktur DNA dan RNA
Gambar Struktur DNA

Jadi struktur DNA pertama kali dikemukakan oleh Ilmuwan ternama yang bernama James Watson dan Francis Crick pada tahun 1953. James Watson ini adalah seorang warga negara Amerika yang lahir pada tahun 1928 dan hebatnya pada usia 18 tahun beliau sudah menerima gelar Ph.D pada bidang Zoologi dari Indiana University. Hebat sekali bukan? Sedangkan rekannya Francis Crick adalah seorang warga Inggris yang lahir pada tahun 1916 dan beliau sangat tertarik pada bidang fisika, kimia dan matematika. 

Mereka bilang bahwa DNA terdiri atas dua utas benang polinukleotida yang saling berpilin dan membentuk heliks ganda ( Double Helix ). Jadi sangatlah salah sekali apabila kalian mengira bahwa DNA ini berbentuk bulat, lonjong ataupun segitiga sama kaki.

Nah, pada setiap nukleotida pada DNA ini tersusun atas:

  • Gugus Gula Pentosa: Deoxyribosa ( Gula Pentosa yang Kehilangan Satu Atom Oksigen )
  • Gugus Fosfat
  • Gugusan Basa Nitrogen, yang dimana Gugusan Basa Nitrogen ini dikelompokkan menjadi basa Purin yang terdiri atas adenin (A) dan guanin (G), serta basa Pirimidin yang terdiri atas timin (T) dan juga  sitosin (C).

DNA pada manusia mengandung sekitar 3 milyar basa nitrogen dan 99% pada manusia memiliki kemiripan. Urutan basa nitrogen inilah yang akan menentukan sifat atau karakteristik dari suatu organisme.

Erwin Chargaff , memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mempelajari struktur DNA. Kemudian dia menggunakan teknik yang dinamakan teknik Kromatografi untuk menganalisis komposisi dari DNA.

Dari hasil penelitiannya tersebut menunjukkan bahwa jumlah basa adenin sama dengan basa timin, dan basa guanin sama dengan basa sitosin. penemuannya ini kemudian dikenal dengan aturan Chargaff yang isinya seperti ini:

  • Jumlah basa nitrogen (A, T, G, dan C) pada setiap organisme adalah bervariasi
  • Pada setiap Organisme, jumlah basa purin sama dengan basa pirimidin, dengan rincian jumlah adenin sama dengan timin, dan guanin sama dengan sitosin.
Nah itulah dia penjelasan mengenai struktur DNA.

Struktur RNA

Struktur DNA dan RNA
Gambar Struktur RNA

Molekul RNA ini memiliki bentuk yang berbeda dengan DNA. RNA memiliki bentuk pita tunggal dan juga tidak berpilin. Setiap pita RNA merupakan polinukleotida yang tersusun dari banyak ribonukleotida. Tiap ribonukleotida tersusun atas gula ribosa, basa nitrogen, dan juga asam fosfat.

Selain itu juga, Basa Nitrogen RNA ini dibagi menjadi dua yaitu ada basa purin dan juga basa pirimidin. Basa purin sama dengan DNA yang tersusun dari adenin (A) dan guanin (G), sedangkan pada basa pirimidinnya berbeda dengan DNA yakni tersusun dari sitosin (C) dan urasil (U).

Tulang Panggung RNA tersusun dari deretan ribosa dan fosfat. Ribonucleotida RNA terdapat secara bebas didalam nukleoplasma dan berbentuk nukleosida trifosfat, diantaranya adalah adenosin trifosfat (ATP), Guanosin Trifosfat (GTP), Sistidin Trifosfat (CTP), dan Uridin Trifosfat (UTP). RNA disintetis oleh DNA yang berada di inti sel dengan menggunakan DNA sebagai cetakannya. Nah gimana, apakah kalian sudah paham mengenai struktur RNA?


Penutup

Akhirnya selesai juga penjelasan kami mengenai materi Struktur DNA dan RNA. Jadi setelah membaca penjelasan kami diatas, apakah kalian semua sekarang sudah mulai paham dan tidak bingung lagi? Semoga saja sudah tercerahkan ya hehe.

Mungkin sekian dulu artikel mengenai struktur DNA dan RNA ini. Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ke teman ataupun keluarga kalian. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah ya. Teruslah jadi manusia yang haus akan ilmu!
Loading...